Flu Singapura ???

08.33 Edit This 0 Comments »
Sebenarnya penyebutan penyakit ini benar-benr salah kaprah teman. Istilah ini muncul karena yang terkena penyakit ini baru pulang dari Singapura. Padahal, sebenarnya penyakit flu Singapura bukanlah flu. Di dunia kedokteran dikenal dengan istilah Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut (KTM). Penyebabnya adalah virus Coxsackie A16 dan Enterovirus 71.

Penyakit ini sangat menular dan sering terjadi di musim panas. Umumnya menyerang anak-anak usia 2 minggu - 5 tahun (kadang sampai 10 tahun). Orang dewasa sendiri biasanya terhadap enterovirus.

Penularan KTM sering terjadi lewat kontak langsung dari manusia ke manusia lain yaitu melalui droplet ( cairan yang berasal dari bintil-bintil yang ada di tubuh si penderita), pilek, air liur, dan feces. Penularan kontak tidak langsung bisa melalui barang, handuk, baju, peralatan makanan, dan mainan yang terkontaminasi oleh sekresi itu.

Gejala penyakit ini memang mirip dengan flu yaitu demam (tidak tinggi 2-3 hari), diikuti sakit leher (pharingitis), tidak ada nafsu makan, pilek, muncul vesikel (gelembung kecil / bintil) yang kemudian pecah, ada 3-10 luka kecil di mulut seperti sariawan (lidah, gusi, pipi sebelah dalam) terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan. Bersamaan dengan itu timbul ruam (lepuh kemerahan yang kecil dan rata) yang tidak gatal di telapak tangan dan kaki. Penyakit ini akan membaik sendiri dalam 7-10 hari. Namun, jika penderita muntah, diare atau dehidrasi dan lemah atau komplikasi lain maka perlu dirawat.

Maka dari itu, kita harus tetap hati-hati dan waspada kawan.
Karena, Flu BUKAN Penyakit Ringan !!!

0 komentar: