Memperkuat Daya Ingat

07.33 Edit This 0 Comments »
Kalian tentunya pernah lupa terhadap sesuatu baik itu pelajaran di sekolah atau hal-hal kecil lainnya. Kehilangan ingatan (lupa) sering sekali terjadi dan sungguh mengesalkan. Banyaknya pikiran dan bertambahnya bobot pelajaran atau pekerjaan membuat kita seringkali lupa akan hal-hal kecil dan sukar mengingat.Tapi sebenarnya ada beberapa strategi yang sederhana dan efektif, yang dapat membantu kalian.

1. Melatih memori atau ingatan dengan kegiatan yang mampu meningkatkan daya ingat. Misalnya dengan mengisi teka-teki silang, sudoku dan lain-lain. Permainan tersebut akan melatih daya ingat sehingga kualitasnya tidak menurun
2. Memasukan perasaan ke dalam ingatan kalian. Sesuatu yang diingat dengan perasaan akan sukar untuk dilupakan. Dalam hal ini lebih ditekankan untuk memahami pelajaran dan tidak hanya sekedar menghapal saja. Buatlah bagan-bagan yang dapat membantu pemahaman kalian terhadap suatu pelajaran, dengan pola yang lebih terstruktur dalam mengingat sesuatu maka ingatan tersebut akan bertahan lebih lama.
3. Memulai gaya hidup sehat. Perbanyak makanan yang banyak mengandung riboflavin, thiamine, dan vitamin B yang dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat. Olah raga secara rutin dan teratur juga terbukti mampu memperkuat daya ingat. Dengan gaya hidup sehat akan mampu memperlancar sirkulasi darah ke otak sehingga otak mendapat nutrisi yang memadai.
4. Melatih ingatan. Berusahalah untuk mengingat kembali hal-hal yang lalu. Hal itu akan semakin mempertajam ingatan kalian. Latihan otak membantu memperkuat daya ingat untuk segala hal, mulai dari nama, nomor PIN , sampai password dan lelucon.
5. Beberapa teknik-teknik berikut dapat membantu untuk melatih otak untuk mengingat.

* Teknik Cerita. Jika kalian ingin mengingat sesuatu, buatlah sebuah cerita tentangnya. Misalnya saja, kalian harus menghafal sebuah kode rekening, yaitu MI991878. Cerita kalian bisa seperti: “Michigan belum pernah dapat angka 99 sejak tahun 1878.” Terkadang tidak masuk akal, tapi cerita ini menjadikan kode itu lebih mempunyai arti dan lebih mudah untuk diingat.
* Teknik Film. Teknik film merupakan visual dari teknik cerita: di sini, kita mengembangkan cerita itu secara visual, bukan dengan kata-kata. Teknik film ini paling bagus jika film itu nyata, banyak gerakan, dibesar-besarkan, dan lucu
* Teknik Hubungan. Kalian juga dapat membuat informasi lebih mudah diingat dengan cara menghubungkannya dengan sesuatu yang sudah kalian kenal. Bertemu seseorang yang bernama Rudi? Hubungkan nama itu dengan Rudi Hartono, Rudi Hadisuwarno, atau Rudi paman kalian, dan kalian akan mendapat bantuan saat mengingat nama itu jika kelak kalian membutuhkannya.
* Asosiasi Huruf Pertama. Dalam metode ini, kalian mengambil huruf pertama dari hal-hal yang ingin kalian ingat, lalu membuat kata atau singkatan baru dengan menggunakan huruf-huruf tersebut, dan kemudian mengingat informasi singkatan yang baru itu. Contoh yang terkenal antara lain: USA, IBM, TGIF, dan ASAP. Asosasi huruf pertama paling bermanfaat untuk informasi yang tidak berubah-ubah, misalnya sebuah ungkapan atau petunjuk arah.

Para peneliti di Mount Sinai Medical Center telah mengembangkan sebuah program untuk membantu meningkatkan daya ingat. Mereka menyebutnya prinsip P.A. Kunci untuk mempunyai dan menjaga ingatan yang baik adalah dengan prinsip sebagai berikut: tulis dan tempelkan di dinding di atas komputer kalian. Gunakan dan ingat-ingatlah prinsip ini.

* P untuk perhatian. Alasan paling umum mengapa seorang remaja yang sehat menjadi lupa adalah karena mereka tidak memperhatikan saat mendapatkan informasi. Jika kalian tidak memperhatikan informasi yang kalian dapatkan, tidaklah mungkin kalian mengingatnya kelak.
* A untuk arti. Informasi lebih mudah diingat kalau ada konteks keseluruhannya – atau dengan kata lain, jika lebih mempunyai arti. Prinsip ini sama dengan teknik-teknik dalam melatih ingatan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

0 komentar: